English Breakfast Tea, Teman Sarapan Berat

English Breakfast Tea Dari Twinings
English Breakfast Tea Dari Twinings

Meskipun sudah ada sejak abad ke-13, sarapan tradisional Inggris mulai booming saat Revolusi Industri di negara tersebut. Puncak revolusi industri yang berada di masa pemerintahan Ratu Victoria ini menghasilkan banyak orang kaya baru (OKB) atau orang londo bilang new money.

Nah para OKB ini banyak yang mencoba eksis dengan berbagai cara, termasuk dengan gaya sarapannya yang memiliki menu bervariasi dan porsi yang menurutku besar banget. Bayangkan saja, dalam satu menu sarapan mereka bisa terdiri dari roti bakar atau roti kering, kentang, sosis, bacon, telur mata sapi, kacang panggang, tomat bakar dan jamur. Mungkin ini juga yang menyebabkan menu sarapan tersebut akhirnya populer dengan sebutan full english breakfast.

Full english breakfast, porsinya luar biasa mengenyangkan. Gambar diambil dari thesun.co.uk
Full english breakfast, porsinya luar biasa mengenyangkan. Gambar diambil dari thesun.co.uk

Tak heran jika mereka membutuhkan minuman dengan cita rasa kuat sebagai penyeimbang sarapan mereka yang berat. Pilihan pun dijatuhkan pada secangkir teh hitam yang didapatkan dari negeri jajahan mereka seperti India dan Srilanka. Hingga akhirnya teh jenis ini pun populer dengan sebutan english breakfast tea dan disukai oleh semua lapisan masyarakat di berbagai negara.

Penyeduhan english breakfast tea dilakukan menggunakan air dengan suhu 90-100 derajat celcius. Itu berarti tak lama setelah air tersebut mendidih. Setelah itu diamkan selama 3-5 menit, lalu angkat tehnya dari cangkir atau teko.

Teh ini memiliki aroma yang kuat. Warna coklat kehitaman langsung tampak dalam cangkir sesaat setelah diseduh.Mungkin karena keburu parno sama warnanya yang langsung menghitam, otakku sudah berpikir “wah ini pait ya”, tapi pas dicoba ko jadi terasa lebih hambar dari ekspektasi heuheuheu. Menurutku teh hitam Indonesia rasanya lebih sepet dibandingkan english breakfast tea ini.

Aroma dan rasa yang kuat membuat banyak orang lebih suka menikmati english breakfast tea dengan dicampur gula dan susu. Orang Inggris pun memang gemar mencampurkan susu dan gula pada teh mereka, baik saat sarapan maupun waktu minum teh sore alias afternoon tea. Tapi buat yang menyukai rasa yang lebih segar, bisa menikmatinya dengan mencelupkan seiris lemon. Rasanya sepet sepet segarrrrrrr! (tdk)***

Referensi :
Www.englishbreakfastsociety.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s